Minggu, 07 Februari 2021

Materi 12 PKK Kelas 12

Media Promosi dalam Usaha

Promosi sebuah produk atau jasa kini semakin maju dan mudah dilakukan semenjak populernya sosial media. Semenjak kehadiran media sosial untuk promosi, promosi bisnis tidak hanya dilakukan via radio, media cetak atau televisi. Saat ini dapat disebut era digital dimana media online merupakan wadah yang populer dimanfaatkan untuk mempromosikan sebuah bisnis.

Hadirnya sosial media yang didukung oleh kekuatan internet saat ini berpotensi mendukung keberhasilan promosi suatu usaha atau produk dengan mudah, cepat dan murah, bahkan tanpa modal sama sekali. Apalagi dengan berbagai sarana beragam internet tools yang ada seperti website, blog, sosial media dan sifatnya yang global, real time dan praktis membuat kegiatan promosi usaha Anda akan lebih maksimal karena jangkauannya yang luas dan hampir tidak terbatas.

1.       Jenis Media Promosi Online

Dengan kemajuan teknologi sekarang ini, sangat banyak media promosi yang dapat digunakan terlebih dalam media sosial. Selain media sosial juga terdapat media promosi lainnya, yaitu:

a.       Website

Majunya media internet membuat website semakin diminati oleh masyarakat untuk mempromosikan produk bisnisnya. Melalui website, Anda bisa mengiklankan produk bisnis lengkap dengan spesifikasi dan kelengkapan informasinya. Pada website, Anda bisa mengiklankan atau mempromosikannya melalui website pribadi, yang memang sengaja dirancang khusus sebagai media promosi dari produk bisnis Anda, ataupun website orang lain yang memiliki traffic yang cukup padat. Jika anda memilih website orang lain sebagai media promosi, Anda dapat mengemas promosi dalam bentuk iklan yang muncul di halaman website orang lain tersebut.

b.      Jejaring sosial

Maraknya media internet yang terus mengembangkan eksistensinya, membuat berbagai macam jejaring sosial menjadi sebuah media komunikasi yang tak kalah penting keberadaannya. Jejaring sosial kini menjadi efektif dalam mengkomunikasikan sesuatu baik yang sifatnya pribadi, umum, bahkan untuk kepentingan bisnis sekalipun. Anda dapat mempromosikan barang atau jasa yang Anda tawarkan melalui jejaring sosial kepada khalayak umum lewat dunia maya, seperti melalui jejaring sosial Facebook, Instagram, Twitter, Blog, dan lain sebagainya. Berikut adalah jejaring sosial yang bias digunakan sebagai media promosi online.

1)  Facebook

Media sosial satu ini masih menjadi pilihan banyak orang untuk menjalin komunikasi dengan rekan dan keluarga. Keberadaan mereka menjadi salah satu alasan mengapa Facebook menjadi media sosial yang banyak dijadikan media promosi online selain di situs bisnis. Penggunaan Facebook sebagai media promosi pun diakui relatif mudah oleh para pemain bisnis online bahkan tidak sedikit dari para pebisnis yang sudah memiliki toko fisik pun memanfaatkan Facebook sebagai media promosi produk.

Tidak jarang juga bisnis yang sukses bermula dari mengenalkan produk mereka melalui Facebook. Bagaimana cara agar promosi melalui Facebook cukup sukses? Pertama. pastikan halaman utama Facebook Anda menarik konsumen karena hal ini akan menjadi daya tarik yang membuat calon konsumen memberikan Like. Like inilah yang menjadi langkah kedua yang harus Anda dapatkan sebanyak mungkin. Ketiga, jangan lupa untuk mengenali target pelanggan dengan mencari orang-orang yang memiliki ketertarikan dengan halaman Facebook Anda. Terakhir, fokuslah untuk membuat konten yang menarik.

2)  Twitter

Selain Facebook, Twitter juga menjadi salah satu media sosial online yang banyak digunakan sebagai media bisnis online. Meski awalnya hanya didesain untuk bisa berbagal status yang terkenal dengan maksimal 160 karakter, kini Twitter mampu menjadi media yang cukup ampuh untuk memasarkan produk. Media ini dinilai mudah dijangkau oleh pelanggan toko oriline manapun karena dengan ponsel cerdas (smartphone) masyarakat dapat dengan mudah mengakses microweb satu ini.

Beberapa cara untuk memaksimalkan promosi dan pemasaran produk melalui Twitter adalah dengan memperbanyak jumlah follower, mengirimkan tweet secara teratur, mem- promosikan situs secara teratur, menentukan waktu posting tweet, menyewa buzzer untuk meningkatkan promosi, atau dengan saling promo akun twitter bisnis online lainnya.

3)  Instagram

Nampaknya media sosial satu ini sekarang sedang menjadi primadona media bisnis online. Selain karena bisa menampakkan foto produk juga karena caption yang bisa ditulis dengan lebih panjang dibandingkan Twitter. Instagram juga mudah diakses dari ponsel cerdas dan sedang menjadi media sosial pendongkrak eksistensi paling tinggi di kalangan anak muda. Inilah kesempatan bagi Anda untuk mempromosikan produk dan bisnis dengan mudah karena calon konsumen pun lebih banyak berkumpul di media sosial ini. Hashtag adalah salah satu kekuatan promosi yang luar biasa jika Anda menggunakan Instagram sebagai media bisnis. Selain itu, aktif berinteraksi dengan para pelanggan juga menjadi salah satu trik yang bisa membuat pelanggan menaruh perhatian lebih pada bisnis Anda.

4)  Kaskus

Media sosial satu ini tidak perlu diragukan lagi kemampuannya dalam mempromosikan produk. Kaskus dikenal sebagal market place yang banyak digunakan untuk berjualan dan dianggap sebagai media sosial paling ampuh untuk berbisnis terlebih dengan hadirnya Forum Jual Beli, Memang perlu Anda ketahui bahwa tidak mudah melakukan promosi dan bisnis di Kaskus karena banyaknya penipuan dari bisnis online yang bermula di media sosial ini namun bukan berarti tidak mungkin Kaskus dijadikan media bisnis yang ampuh.

5)  Google+

Media sosial pesaing Facebook yang bisa menjadi media promosi dan pemasaran online Anda adalah Google+. Dengan menggunakan akun ini, banyak pebisnis yang akhirnya mampu mempromosikan bisnis online mereka. Tahukah Anda jika Youtube ternyata merupakan produk Google yang kini juga tidak kalah ramai digunakan sebagai media promosi online? Beberapa cara mudah untuk memaksimalkan penggunaan Google+ sebagai media bisnis online Anda adalah dengan menyaring dan mengatur Gmail dengan Google+ Circles, membuat interaksi dengan Hangouts, mengedit dokumen bersama dengan rekan, dan juga merencanakan serta mengatur acara.

6)  Market Place

Selain menggunakan media sosial seperti yang disebutkan di atas, Anda juga bisa menggunakan situs marketplace seperti OLX.co.id, tokobagus.com, elevenia.com, dan lain-lain. Marketplace ini sangat membantu para pebisnis online untuk memiliki halaman toko mereka sendiri dan melakukan aktivitas promo dan pemasaran produk mereka. Tidak jarang para pemilik bisnis yang sudah memiliki toko fisik pun membuat halaman toko mereka di berbagai marketplace guna memperluas jaringan dan mendapatkan lebih banyak konsumen.

7)  Blog

Media satu ini memang memiliki kemiripan dengan website secara sekilas namun penggunaan blog hanya sebatas untuk mendukung usaha promosi. Caranya dengan memuat berbagai artikel seputar bisnis dan produk toko online bahkan jika Anda mau memuat benta terbaru mengenai toko onine Anda dan menunjukkan prestasi yang sudah diraih. Untuk semakin mengoptimalkan penggunannya, banyak dari pebisnis online yang menggunakan blog juga menggunakan teknik SEO guna semakin menarik lebih banyak polanggan

8)  Email marketing

Email marketing dianggap sebagai metode kuno di antara media online lainnya namun jangan remehkan kekuatan media satu ini. Email marketing dikenal memiliki kekuatan yana cukup besar untuk melakukan promosi secara online karena ini merupakan sumber besar untuk mengirimkan berita promosi hingga penawaran produk terbaru pada para pelanggan.

9)   Youtube

Website broadcast yang didirikan pada tahun 2005 ini telah menjadi media banyak orang dalam mengekspresikan diri mereka melalui video. Youtube merupakan salah satu website yang saat ini sangat diminati oleh banyak orang dari segala golongan, usia dan jenis kelamin. Oleh karena mempromosikan bisnis di Youtube sudah merupakan bagian wajib dari sebuah rencana promosi suatu usaha.


Tips Menggunakan Media Promosi Online

Berikut adalah tips dan cara dalam mengembangkan bisnis dengan menggunakan media promoši online.

1) Optimalkan "Bio" pada Sosial media Kamu

Apakah Anda siap untuk terhubung dan berinteraksi dengan orang yang tepat? Maka lengkapi profil sosial media, dan optimalkan profil dan kata kunci Anda. Pastikan bahwa dunia tahu siapa Anda, apa yang Anda lakukan dan bagaimana Anda dapat membantu klien potensial dalam bio Anda.

2) Bergabunglah dengan Google Plus dan aktifilah pada media tersebut

Ingin mudah ditemukan? Maka buat akun dan bergabunglah di Google Plus! Karena Google Plus memiliki korelasi langsung dengan hasil pencarian Anda pada search engine Google, Ini berarti bahwa tidak cukup hanya bergabung dengan jejaring sosial, namun Anda juga harus terlibat aktif.

3) Berinteraksi lewat "Google Plus Hangouts"

Google Plus Hangouts adalah cara yang baik untuk dapat bertatap muka dengan orang- orang yang telah terhubung dengan Google Plus. Mirip dengan Skype atau Facetime, Hangouts mudah digunakan dan sederhana untuk diakses melalui akun Google Plus Anda.

4) Gunakan "Twitter Lists"

Cara cepat untuk bergabung dalam percakapan dan tetap terhubung dengan kelompok tertentu adalah menambahkannya ke dalam daftar. Gunakan Twitter Lists ke grup bersama orang-orang yang Anda ingin untuk terlibat dengan mereka setiap hari. Kemudian tambahkan daftar ini untuk "alat manajemen pihak ketiga" favorit Anda dan tinjau setiap hari.

5) Pin gambar-gambar kustom ke "Pinterest"

Membuat grafis kustom untuk konten asli Anda dan "pin" ke Pinterest adalah cara promosi online terbaik untuk membuat bisnis Anda dapat terlihat oleh para penonton yang baru, Pin gambar Anda, berbagi ke Twitter dan kemudian gunakan gambar yang sama di Google Plus.

0 komentar:

Posting Komentar